SELAMAT DATANG DAN TERIMA KASIH

Senin, 23 Agustus 2010

tips mudik jarju (jarak jauh)



 Lebaran 2 pekan lagi brayy…. Mudik juga sebentar lagi, agar perjalanan mudik aman dan nyaman.
Mudik atau pulang kampung bukan suatu beban berat bagi yang kebetulan kampung halamannya bisa ditempuh dalam hitungan jam, namun bagi yang harus menempuh perjalanan seharian atau bahkan berhari-hari apalagi dengan membawa kendaraan pribadi, acara mudik harus dipersiapkan benar-benar, terutama kondisi fisik.
## Bagi pemudik dengan sepeda motor, ada beberapa contekan dari bengkel AHM. Ini tipsnya :
  1. Pastikan kondisi badan sehat. Lakukan pemanasan fisik dan persiapan mental/emosi.
  2. Gunakan perlengkapan standard [helm full/half face, sarung tangan, jaket berwarna terang]
  3. Siapkan perlengkapan standard [kunci pas/busi, tang, obeng min-plus, lap dan peta mudik]
  4. Masukkan dulu ke bengkel resmi, untuk pemeriksaan lengkap [bensin, fuel meter, aki, kelistrikan, oli, ban, trantai, rem, kebocoran oli, lampu, kaca spion dan klakson]
  5. Istirahat setiap 1-1,5 jam perjalanan. Cari tempat yang bersih untuk ISHOMA [pom bensin besar, warung fast food, dll] hindari warung yang terlalu laris [nyucinya sering kelupaan], jadi bagi-bagi rejeki ke warung yang kurang laris [tapi bersih dan murah]
  6. Cukup dua orang untuk satu sepeda motor, jangan mmaksakan diri untuk mengajak anak kecil
  7. Berhenti jika ingin menerima talipon [HaPe]
  8. Tidak salah membawa jas hujan
  9. Saat jalan beriringan, jaga jarak aman dan hindari ngobrol dengan pengendara lain. Kalau nggak kepaksa, jangan nyalip deh [apalagi dari sisi kiri]
## bagi pengguna transportasi umum
Transportasi
Untuk mudik tentunya Anda membutuhkan transportasi. Dalam hal ini yang pertama harus Anda persiapakan adalah memutuskan apakah akan melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.
Bagi Anda yang memilih melakukan perjalanan dengan kendaraan umum seperti bis malam atau bis pariwisata, sebaiknya segera memesan tiket jauh-jauh hari, setidaknya dua minggu sebelum hari H, kerena biasanya begitu mendekati Lebaran harga tiket melambung dua kali lipat, apalagi kalau sudah berurusan dengan calo.
Siapkan Anggaran
Yang namanya mudik, biasanya membutuhkan dana lebih dari perkiraan. Nah…alangkah lebih baiknya jika Anda mempersiapkan keuangan. Jangan mentang-mentang dapat THR lantas membelanjakan semuanya, belilah yang betul-betul Anda butuhkan, ingat…. karena Lebaran kali ini jatuh di tengah bulan, setelah lebaran masih harus menunggu setengah bulan lagi terima gaji. Sebaiknya buat daftar kebutuhan Anda, untuk transportasi pulang-pergi, kebutuhan di kampung halaman dan hal-hal lain yang tak terduga, dan pikirkan juga anggaran untuk setengah bulan ke depan.
Siapkan Bekal Sendiri
Melakukan perjalanan jauh pastinya Anda juga membutuhkan energi ekstra. Membawa bekal sendiri untuk berjaga-jaga sangatlah tepat. Buah-buahan bisa jadi bekal yang bagus untuk perjalanan panjang, selain serat yang mengenyangkan, buah juga menyediakan energi dan sejumlah gizi antioksidan sebagai penangkal kelelahan. Pilihlah buah yang praktis dan tidak repot memakannya.
Anda bisa juga membawa Snack, bahan-bahan sandwich atau burger atau roti tawar dan sejenisnya. Kalau dalam perjalanan Anda terjebak macet, dengan membawa bekal sendiri tak perlu repot dan sakit akibat menahan lapar. Jangan lupa bawa serta obat-obatan sendiri, untuk persiapan di perjalanan.
Siapkan Uang Tunai Secukupnya
Walau Anda memiliki ATM, tapi uang tunai tetap dibutuhkan, tapi sebaiknya bawa uang tunai secukupnya. Untuk menghindari copet, simpan di tempat yang berbeda.
Siapkan Peralatan pendukung
Bawalah ponsel anda untuk mempermudah komunikasi dan proses penjemputan. Selain ponsel, banyak peralatan pendukung yang tidak boleh terlewatkan. Antara lain pakaian, selimut, jaket, peralatan mandi dan berhias, dan lain sebagainya. Peralatan yang dibawa pun secukupnya saja. Jangan berlebihan, bisa-bisa tidak jadi nikmat berlebaran tapi pusing karena barang bawaan   

     Semoga selamat sampai di tujuan. Share |

0 komentar: